Undangan Berkarya

Anda dapat berkontribusi dengan mengirim karya ke Himmahonline.id. Redaksi Himmahonline.id menerima karya untuk rubrik Analisis (Retorika, Sudut Pandang, dan Resensi), Ruang (Cerpen), dan Lensa. Adapun ketentuannya sebagai berikut:

  1. Karya belum pernah diterbitkan di media mana pun (cetak, daring, blog pribadi atau media sosial) sebelumnya, tidak mengandung unsur SARA, dan tidak plagiat.

  2. Semua karya yang masuk dan terbit tetap menjadi hak dan tanggung jawab milik kontributor.

  3. Kontributor wajib mencantumkan identitas minimal nama lengkap, jurusan dan angkatan kuliah dalam karyanya. Boleh menambahkan jabatan dan institusi/organisasi yang sedang diikuti.

  4. Karya dikirimkan melalui email redaksi yaitu redaksi.himmah@gmail.com dengan subjek rubrik dan mencantumkan kontak yang bisa dihubungi.

  5. Setelah masuk ke email redaksi, tulisan akan disunting oleh tim editor Himmahonline.id. Kontributor akan dihubungi oleh tim editor terkait penerbitan karya.

  6. Karya yang sudah terbit di Himmahonline.id, bisa diterbitkan kembali di media lain dengan mencantumkan keterangan pernah diterbitkan di Himmahonline.id.

  7. Jika dalam waktu dua minggu lebih kontributor belum dihubungi oleh tim editor, maka karya belum bisa diterbitkan di Himmahonline.id.

  8. Himmahonline.id akan memberikan bingkisan dan honorarium untuk karya pertama. Untuk karya kedua, ketiga, dan selanjutnya hanya dalam bentuk honorarium.

Penjelasan Rubrik

Analisis

  1. Retorika: rubrik ini menampung pendapat, baik berupa saran, kritik, keluhan disertai sikap penulis terhadap kebijakan publik yang diputuskan oleh pemerintah sampai pemangku kepentingan yang berpengaruh di lingkungan kemahasiswaan, universitas maupun masyarakat. Panjang tulisan untuk rubrik ini minimal 750 kata.

  2. Sudut Pandang: rubrik ini berisi pandangan penulis dalam menilai suatu tema atau masalah yang diangkat. Pandangan dapat berasal dari suatu sosok, kumpulan data, maupun teori-teori buku. Panjang tulisan untuk rubrik ini minimal 1000 kata.

  3. Resensi: rubrik ini berisi tulisan yang memuat esensi dari buku yang dibaca, film yang pernah ditonton maupun lagu (single atau album) yang didengar penulis, dengan tulisan yang informatif dan edukatif. Panjang tulisan untuk rubrik ini minimal 750 kata.

Ruang

  1. Cerpen: rubrik ini menampung karya fiksi penulis dalam cerita pendek (cerpen) dengan tema bebas. Cerpen ditekankan mengandung nilai-nilai sosial yang dibalut dengan alur cerita menarik.

Lensa

  1. Lensa: rubrik ini menampilkan foto cerita yang minimal berisi lima foto ditambah dengan narasi yang menjelaskan tema yang diangkat. Setiap foto diberi keterangan.

Kami tunggu karyamu. Tabik.